Tuesday, July 03, 2007

Sedikit tentang Penelitian


Ketika saya lagi asyik-asyiknya membuka diary lama (jaman dulu belum kepikiran bikin blog, atuh … hehe), saya menemukan catatan kecil tentang apa itu penelitian.

Catatan itu dulu tidak sengaja saya peroleh. Suatu ketika saya meminjam buku kegiatan KIR (karya ilmiah remaja), kemudian ketika saya baca-baca ada yang menarik tentang klasifikasi penelitian. Lalu isenglah saya salin di diary saya. Ini dia:

Metode penelitian adalah proses pemecahan masalah dengan sistematis dan objektif.

Jenis-jenis penelitian:
1. menurut kegunaan
- penelitian dasar
   Banyak teori, sedikit terapan
- penelitian terapan
   Banyak terapan dalam kehidupan sehari-hari

2. menurut metode
- penelitian filosofi
- penelitian historis
- penelitian observasi
- penelitian eksperimental

No comments: