Sunday, January 15, 2012

Pengumuman PKM 5 Bidang di Danai 2012

Salam ilmiah!
Salam penelitian!

Salah satu hal yang dinanti-nanti oleh mahasiswa, terutama mahasiswa UGM, khususnya lagi FKG UGM, yaitu pengumuman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM merupakan suatu ajang bergengsi di kalangan mahasiswa, suatu ajang untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang penelitian, inovasi, entrepreneur, kerjasama, dan banyak hal lainnya.

Tahun ini DIKTI menyelenggarakan PKM di danai dalam 5 bidang, yaitu penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, teknologi, dan karya cipta . Untuk PKM-GT dan AI akan diselenggarakan mulai awal tahun ini dan berakhir (deadline DIKTI) pada tanggal 9 Maret 2012. Penjelasan masing-masing bidang dapat diunduh lewat alamat ini :


Alhamdulillah, tahun ini FKG juga mampu ikut serta dalam meramaikan ajang tersebut. Dari beberapa proposal yang dikirimkan, (sementara) terdapat 7 (tujuh) judul proposal yang didanai oleh DIKTI. Berikut daftar sementara yang kami peroleh.

1. Pemanfaatan Bubuk Ekstrak Tulang Ayam Beta Sisa Usaha Rumah Makan Ayam Sebagai Suplemen Pakan Pelet Induk Tikus Wistar Untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Gigi Anakan

Ketua : Pradipta Atmoko 2009
Anggota : Anggi Arlan 2009
Heriatisitosari
Indria Kusuma W 2010
Tiara Oktavia S 2010
Bidang : Penelitian

2. Pemanfaatan Cangkang Telur Ayam Sebagai Bone Graft dengan Kombinasi Vitamin C Chicken Eggshell-Derivated with Vitamin C (Analisis Terhadap Kecepatan Regenerasi Tulang Alveolar Pasca Ekstraksi Gigi)

Ketua :Rini Purnamasari
Anggota : Antinah Latif 2009
Fazlur Rahman 2009
Pandu Azhar 2009
Nisaul Afifah 2011
Bidang : Penelitian


3. Senam Mulut Sebagai Stimulan Sekresi Saliva (Analisis Terhadap Konsentrasi Potasium dan Fosfat pada Lansia)

Ketua : Siti Fatimah 2009
Anggota :
Bidang : Penelitian


4. Pemanfaatan Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) Sebagai Obat Kumur Untuk Menghambat Pembentukan Biofilm pada Permukaan Gigi (in vitro)

Ketua : Sabdayana 2009
Anggota :
Bidang : Penelitian


5. Aktivitas Antitumor Rimpang Alpinea Galanga Varitas Rubra Terhadap Pertumbuhan Sel Kanker Lidah Manusia SP-C1 (Kajian Terhadap Uji Proliferasi dan Apoptosis Sel)

Ketua : Nushita Dinar 2009
Anggota : M Muchlisul Ghoni 2009
Pandu Azhar 2009
Miski Nabila Fasya 2010
Yullieus Novian 2011
Bidang : Penelitian



6. Aktivitas Antitumor Ekstrak Etanolik Daun Sirsak (Annona muricata L) Terhadap Sel Kanker Lidah Manusia SP-C1 (Uji Invasi, Proliferasi, dan Apoptosis Secara In Vitro)

Ketua : Wirasthi Thamsil 2009
Anggota : Faiznur Ridho 2008
Friendika Dhiah A I S 2009
Mirsa Renaning Sukma 2009
Septika Prismasari 2010
Bidang : Penelitian


7. AKAGI : Alat Tulis Kedokteran Gigi

Ketua : Muhammad Muchlisul Ghoni 2009
Anggota : Muhammad Fuadi 2009
Priztika Widya N
Nadya C P
Hayu Qommaru Zala 2010
Bidang : Kewirausahaan

Selengkapnya bisa diunduh di sini :



Kami ucapkan selamat kepada teman-teman yang diberi kepercayaan untuk merealisasikan ide-idenya. Semoga diberi kelancaran dalam pelaksanaannya dan memberikan kontrbusi dan hasil yang terbaik untuk almamater, baik FKG maupun UGM.

Dan bagi teman-teman yang kurang beruntung pada periode kali ini, masih banyak kesempatan untuk meraih prestasi. Semoga menjadi cambuk semangat untuk menghasilkan prestasi yang lebih baik lagi.

Rangkaian PKM yang diselenggarakan DIKTI juga masih berlanjut pada PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-AI. Info lebih lanjut, silahkan kunjungi link ini :



SELAMAT BERKARYA DAN BERPRESTASI !

1 comment:

FS said...

Sip2...

Semangat teman2!
Sukses buat Denta Paramitha!